PENGERTIAN PASAR
Pasar adalah tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi jual beli barang atau jasa. Menurut ilmu ekonomi, pasar berkaitan dengan kegiatannya bukan tempatnya.
PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
Pasar persaingan sempurna adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dengan penawaran yang ditandai oleh jumlah konsumen dan produsen yang sangat banyak dan tidak terbatas
Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna :
- Barang, produk atau jasa yang disediakan bersifat homogen atau kesamaan jenis
- Penjual dan pembeli berjumlah banyak
- Penjual bersifat pengambil harga yang telah ditentukan (price taker)
- Kondisi pasar bersifat sensitive terhadap perubahan pasar yang dipengaruhi oleh permintaan dan penawaran.
- Harga ditentukan oleh pasar
- Antara penjual dan pembeli sama-sama memiliki informasi lengkap tentang pasar
- Semua perusahan bebas dan mudah untuk keluar masuk pasar karena pengaruh mobilitas yang tidak terbatas dan tidak ada biaya yang dikeluarkan utnuk memindahkan faktor produksi.
- Tidak ada campur tangan pemerintah
Kelebihan dan kelemahan Pasar Persaingan Sempurna
Kelebihan:
- Pada pasar persaingan sempurna tidak ada yang tersaingi
- Pada pasar persaingan smepurna penjual tidak memerluka iklan
- Harga tidak ditentukan oleh satu penjual atau satu pembeli. Harga ditentukan oleh transaksi tawar menawar antara penjual pembeli
- Pembeli dan penjual bertindak bebas
Kelemahan:
- Tidak ada dana untuk melakukan penelitian atau pengembangan produk.
- Terbatasnya kebebasan memilih bagi pembeli.
- Pekerja menerima upah atau gaji rendah.
- Distributi pendapatan yang tidak merata atau tidak seimbang.
Contoh Pasar Persaingan Sempurna : seperti pasar hasil pertanian, pasar sayur, pasar buah atau pasar sembako
PASAR PERSAINGAN TIDAK SEMPURNA
Pasar persaingan tidak sempurna adalah suatu bentuk pasar yang tidak terorganisir secara sempurna atau bisa juga disebut sebagai bentuk pasar yang kehilangan satu atau lebih ciri-ciri yang dimiliki oleh pasar persaingan sempurna. Karena dalam pasar persaingan tidak sempurna peran dari pembeli dan penjual hilang mereka tidak memiliki keleluasaan untuk menetapkan atau menentukan harga suatu produk.
Pasar persaingan tidak sempurna memiliki beberapa ciri, antara lain :
- Jumlah penjual yang ada sangatlah terbatas.
- Jumlah pembeli di dalamnya banyak.
- Sulit untuk masuk ke dalam pasar karena banyak hambatan dan gangguan di dalamnya.
- Produk yang beredar di pasar atau yang diperjualbelikan bersifat homogen atau satu jenis saja serta tidak adanya produk pengganti atau substitusi.
- Pihak yang berkuasa bebas dan leluasa memainkan harga dan pihak lain hanya bisa menuruti dan mengikuti ketetapan yang ada.
Dalam pasar persaingan tidak sempurna terdapat lima bentuk pasar :
1. Pasar Monopoli
Adalah sebuah keadaan atau kondisi pasar dimana hanya terdapat satu kekuatan atau satu penjual yang berkuasa dan mampu menjadi penentu harga dan lainnya bisa dibilang sebagai penguasa penawaran tanpa adanya satu pihakpun yang mampu menyainginya
Contoh dari pasar monopoli misalkan, Perusahaan Listrik Negara (PLN), PDAM, PT. KAI dan lain sebagainya
Pasar monopoli memiliki beberapa ciri :
- Tidak terdapat produk pengganti
- Sulit untuk masuk ke dalam pasar
- Sebagai penentu harga
- Iklan ataupun promosi tidak diperlukan
2. Pasar Monopolistik
Pasar monopolistik adalah sebuah pasar yang terjadi ketika dalam suatu pasar banyak terdapat produsen dengan adanya deferensiasi antar produk yang dihasilkan oleh para produsen baik merk, pembungkusnya dan lain sebagainya.
Pasar monopolistik memiliki beberapa ciri khusus
- Jumlah penjual atau produsen banyak
- Produk yang beredar dan diperjual belikan bersifat heterogen (beraneka ragam)
- Promosi dan iklan aktif dilakukan
- Keberadaan produsen bisa mempengaruhi harga
- Mudah untuk keluar masuk pasar.
3. Pasar Oligopoli
Pasar oligopoli adalah sebuah pasar dimana terdapat beberapa penjual atau produsen yang menjadi pemiliki saham atau pangasa pasar terbesar.
Pasar oligopoli memiliki beberapa ciri :
- Menghasilkan dua jenis produk (homogen dan heterogen)
- Keberadaan perusahaan atau produsen jumlahnya sedikit
- Promosi dan iklan sangat diperlukan
- Kompetisi non harga
- Harga konsisten tidak berubah-ubah
4. Pasar Monopsoni
Pasar persaingan tidak sempurna jenis monopsoni ini terjadi dalam kondisi ada banyak penjual dan pembelinya hanya tunggal. Bisa dibilang pasar ini dikuasi oleh satu pihak konsumen atau pembeli.
Pasar monopsoni memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
- Pembeli menjadi pihak sentral yang menentukan harga.
- Barang yang beredar berfokus pada bahan mentah.
- Terdapat satu pembeli atau konsumen saja.
5. Pasar Oligopsoni
Para oligopsoni merupakan salah satu bentuk dari pasar persaingan tidak sempurn dimana didalamnya terdapat beberapa pembeli.
Pasar oligopsoni memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
- Ada beberapa pembeli di dalamnya.
- Harga pasar yang berlaku cenderung stabil tidak fluktuatif.
- Barang atau produk yang beredar adalah bahan setengah jadi.
Pengertian Harga Pasar
Harga pasar adalah harga kesepakatan antara pembeli dan penjual yang terbentuk dari hasil tawar menawar.
Adanya permintaan dan penawaran mendorong pembeli dan penjual melakukan proses tawar menawar untuk mendapatkan harga pasar.
Alhamdulillah semoga atas bantuan ki witjaksono terbalaskan melebihi rasa syukur kami,
BalasHapussaat ini karna bantuan aki melalui pesugihan dana gaib tanpa tumbal sangat berarti bagi keluarga kami.
Bagi saudara-saudaraku yg butuh pertolongan
silahkan hubungi
Ki Witjaksono di:0852-2223-1459
Supaya lebih jelas kunjungi blog
Klik-> PESUGIHAN UANG GAIB